Senin, 13 Februari 2012

Birokrat Hanya Pikirkan Remunerasi & Mobil Dinas

Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto menyoroti kinerja birokrat. Menurut Kuntoro birokrat hanya memikirkan remunerasi dan mobil dinas. Sedikit sekali PNS yang mau memikirkan rakyat.

"Birokrasi kecenderungannya memikirkan dirinya sendiri. Itu gejala dunia. Apa yang dipikiran birokrasi itu ya remunerasi, standar mobil, standar rumah, SPJ," ujar Kuntoro saat berkunjung ke ruang wartawan Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2011).

Kuntoro menyampaikan sebuah filosofi. Birokrat tidak pantas meminta gaji lebih besar dari pendapatan rata-rata rakyatnya. Dia berani mengatakan itu karena pengalamannya puluhan tahun di Birokrat. Mulai dari direktur BUMN hingga menteri pertambangan.

"Saya tidak seekstrim itu, tapi umpama pendapatan rakyat yang kau layani, 3.500 dolar per tahun, gajimu pun 3.500 per tahun," jelas Kuntoro.

Karena alasan itu pula dalam berbagai kesempatan, pemerintah selalu menekankan pentingnya reformasi birokrasi. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki pelayanan PNS ini pada masyarakat.

2 komentar:

  1. Ada benarnya., sangat sedikit pejabat dan pemimpin yang betul2 layak dijadikan panutan masyarakat..

    BalasHapus
  2. menjadi panutan itu memang susah pak.....tp resiko jd pejabat negara memang harus jadi panutan buat masyarakat..karena pada dasarnya pejabat negara itu merupakan bagian kecil dari masyarakat juga.....trims

    BalasHapus