Jumat, 18 November 2011

Ketua BPK RI Menjadi Ketua ASEANSAI Pertama

       Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Hadi Poernomo, ditetapkan sebagai Ketua ASEANSAI pertama pada periode 2011-2013. Penetapan dilakukan dalam sidang pertama ASEANSAI (ASEANSAI First Assembly) yang dihadiri oleh ketua badan pemeriksa se-ASEAN. Sidang yang berlangsung setelah peresmian pendirian ASEANSAI pada 16 November 2011 ini berlangsung di Bali International Convention Center, Westin Hotel, Nusa Dua, Bali.
        Selain penetapan Ketua ASEANSAI, sidang pertama ASEANSAI juga menetapkan Auditor General Jabatan Audit Brunei Darussalam, Pengiran Haji Abd. Rahman bin Pengiran Haji Mat Salleh sebagai Wakil Ketua ASEANSAI periode  2011-2013. Sedangkan Kepala Sekretariat ASEANSAI adalah Sekretaris Jenderal BPK RI Hendar Ristriawan. Sebelum acara berlanjut ke pembahasan, sidang, Sekretaris Jenderal ASEAN, Dr. Surin  Pitsuwan dan Ketua ASOSAI Mr. Muhammad Akhtar Buland Rana menyampaikan bahwa mereka mendukung dan mengapresiasi Indonesia atas inisiatif mendirikan ASEANSAI.
       Menurut Ketua ASOSAI, ASEANSAI akan menciptakan forum yang bermanfaat luas untuk mengembangkan sistem dan praktik-praktik pemeriksaan. “Saya ucapkan selamat untuk seluruh anggota ASEAN atas inisiatif menciptakan forum berbagi pengalaman dan sebagai upaya mendorong profesionalisme di bidang audit sektor publik,” tambahnya.
Dalam sidang pertama tersebut, disepakati beberapa hal, antara lain dibentuk empat komite yaitu komite rencana strategis,  komite rules and procedures, komite pelatihan, dan komite pertukaran pengetahuan. Selain itu juga dibahas tentang kontribusi financial, auditor untuk ASEANSAI, dan hal-hal lain seperti rencana aktivitas ASEANSAI untuk tahun 2012 serta inisiatif untuk pengembangan ASEANSAI di jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar